Rabu, 09 Januari 2013

Where is the sun? :p (stories behind winter)

Kegaulauan musim dingin tibaaa...Eaaaaa. I need sunshine I need sunshine. Haha. Ini ceritanya lagi agak jenuh dengan musim yang dia nya juga sering galau. Kadang ujan, kadang terang, langit suram tapi gak ujan-ujan, katanya musim dingin tapi salju gak turun-turun malah kadang berasa gerah dan keringetan. Yok ah mari kita simak pernak-pernik si musim dingin ini. Tapi sepertinya dan gue rasa tulisan ini bakal agak gak tersusun dengan rapi dan agak random mungkin jatuhnya. Haha. Sudahlah, namanya aja lagi galau musim dingin.. Jadi mungkin sejak Desember kali ini udah masuk musim dingin. Jam kita udah masuk jam musim dingin dengan aturan siang lebih cepet dan malam lebih panjang. Huhu. Bayangkan, jam 9 an berasa kaya jam setengah 6 kalii....dan doi cepet banget ilangnya. Agak lumayan rempong dah ini jadwal sholat. Hehe..tapi lama-lama terbiasa juga jadinya sholat Maghrib jam setengah 5 dan sholat Isya jam 6an. Kalau sholat Subuh biasanya jam 7an atau setengah 8. Ini rempongnya kalo ada kuliah pagi jam 8. Jadi gue makan dulu, beres-beres, dandan, segala macem baru gue sholat Subuh. Abis sholat bener-bener gue langsung berangkat ke kampus. 

Berangkat ke kampus kalo kuliah jam 8 pagi itu berasa Indonesia kalo jam 5 pagi. Jalanan masih gelap, dingiin, beuh apalagi kalo ujan plus angin...lengkap sudah. Haha..sometimes, life is hard. Tapi salut booo orang sini meski masih gelap dan ujan, mereka udah pada beraktivitas ajaa. Sampai kampus jadilah kuliah itu berasa kuliah Subuh dengan mata yang masih merem melek. Bahkan dari dalam kelas gue bisa lihat itu matahari terbit . Tipikal dosen sini kalau ngajar gak pake pemanasan tiba-tiba langsung masuk aja ke pelajaran. Busyet dah. Haha..mari mengawali hari. Siklus matahari musim dingin ini agak membuat gue berpikir masalah puasa dan sholat Tahajud. Ceritanya kan adzan Subuh itu jam setengah 8, berarti Sahur jam 7 dong yaa..terus jam 5 sore udah bisa buka puasa. Wuih sahurnya berasa sarapan. Hehe. Naah tahajud berarti jam 6 pagi bisaaa... Lanjut. Sekarang gue lagi agak jenuh ini sama langit yang suram sepanjang hari. Bawaannya mendung mulu..dan tiba-tiba udah gelap lagi. Emang dasar gue jiwa tropis, maunya liat matahari mulu...Kata orang, "kalau musim dingin bawaannya jadi sering emosian". Tapi emang ada benarnya juga sih, bawaannya gue jadi sewot ini. Apalagi galau-galaunya musim dingin bareng sama galau-galaunya musim ujian. Oke, klop deh yaa.. Gue sekarang mulai memahami mengapa orang-orang sini agak jutek, agak dingin, agak kurang senyum. Hehe.
 
Satu pertanyaan nih, "ini kapan datang saljunya?" Kata temen-temen gue warga lokal Angers, katanya sih kalo disini salju itu sering galau datangnya, kadang mampir kadang engga. Artinya bisa aja gak ada salju tahun ini. Kalau gak ada, mungkin sampai April bakal kaya gini mulu. Oh nooo...sepertinya mending suasana jadi putih-putih salju daripada suram-suram gini. Katanya untuk bisa turun salju, dibutuhkan suhu yang bener-bener dingin. Haha...dan sekarang bahkan gue kadang ngerasa kegerahan. Masalah salju ini, gue sering diketawain sama temen-temen Cina gue gara-gara seumur hidup gak pernah liat salju. Apalagi kalau mereka pada inget gue pernah heboh mengira butiran-butiran es yang menutupi rumput di taman-taman itu salju. Haha. Kata mereka itu cuma air yang membeku gara-gara suhu yang minus kalau malam, sedangkan salju itu yang turun dari langit. Temen-temen di kos an juga heran kalau gue gak pernah mengalami musim dingin. Kalau udah kaya gini, gue akan dengan sangat bangga mengatakan "Di negara saya ada matahari sepanjang tahun dan suhu minimal itu rata-rata 20 derajat". Nah looo...ngiri kan kalian semua. Masalah hujan, hujannya sini dingiiiiin. Biasanya gue kalau di Indonesia, kalau jalan pas ujan itu enaknya pake sandal. Disini, boro-boro...udah rapet banget justru. Hujannya sini agak brutal kalau disertai angin kencang. Maksud hati pakai payung biar gak keujanan tapi jadi rempong sendiri gara-gara itu payung terbang-terbang mulu. Lebih enakan sih pakai jaket tahan air yang ada tutup kepalanya. Atau gak kalau mau pakai payung, pakai yang bentuknya bener-bener cekung. Jadi kalau jalan orang sampai gak bisa liat muka kita. Haha. Intinya pas hujan itu adalah saat-saat yang enggak banget deh.

1 komentar:

  1. Sukaa.. :D

    Terutama yang tulisan =

    "Kalau udah kaya gini, gue akan dengan sangat bangga mengatakan "Di negara saya ada matahari sepanjang tahun dan suhu minimal itu rata-rata 20 derajat". Nah looo...ngiri kan kalian semua."

    Hihihihi... Emang bener ya, jadi orang Indonesia tuh bersyukur banget. Hehe

    BalasHapus