Selasa, 15 Januari 2013

Potret hidup di foyer..... :D

"Jiah, kenapa ini internet tiba-tiba lelet. Yaaah...ruang wifi colokannya dipakai semua. Pengin makan tapi kulkas sama dapur ada di bawah, dan males turun naik lagi..." Welcome to foyer!!!! :p

Sebenernya, udah dari lama pengin cerita tentang pasang surut hidup di foyer. Tapi.... ini si akuntansi umum telah menyita hari-hariku bahkan sejal awal semester. Haha. Yuuk ah disimak curhatan malam saya di musim dingin yang tak kunjung bersalju.

Jadi di Angers, saya tinggal di sebuah foyer. Apa itu foyer? Foyer itu semacam kos-kos an biasa. Tapi bentuknya agak mirip rumah gede dengan banyak kamar. Biasanya bangunannya agak tua, kaya foyer saya. Foyer itu biasanya milik swasta, bukan milik universitas (kayanya sih). Jadi gak kaya residence universitaire yang isinya mahasiswa semua. Kalau di foyer, semua orang berasal dari berbagai latar belakang. Ada mahasiswa, ada yang udah kerja, ada juga yang masih nganggur. Hehe. Bener-bener kos-kos an banget deh.  Hal yang agak membedakan juga, di foyer ini banyak banget kegiatan yang sengaja diadain sama pihak foyer (biasanya melalui animatrice) buat sosialisasi dan mempererat pertemanan sesama penghuninya. 

Foyer saya namanya Foyer des jeunes travailleuses du Bon Conseil. Dari namanya udah ketauan dong ini foyer khusus cewek!! Hahaha berasa kos-kos an di Depok. Bahkan ada peraturannya dong, cowok dilarang masuk ke kamar, cuma boleh di ruang tamu, dan ruang publik lainnya. Haha. Terjamin deh yaaah keamanan. Berbicara masalah fasilitas, foyer saya ini agak kurang mungkin yah. Jadi di dalam kamar beneran cuma ada kasur, meja, dan perabotan lain plus wastafel doang. Gak ada kamar mandi. Kamar mandi diluar alias bareng-bareng. Satu lantai ada beberapa kamar mandi. Asli ini beneran kaya kos an saya di Depok. Haha. Ada dapur dan ruang makan gede di bawah buat bareng-bareng. Kulkas-kulkas kita juga dijejerin di dapur, gak di dalam kamar. Gokil deh kalo masuk dapur, isinya kulkas dijejer-jejerin. Kalo kata temen saya, busyet ini berasa kaya markas tentara lagi perang. Haha. Di dapur juga ada microwave, oven, kompor, dll yang bisa digunakan. Satu hal lagi yang mungkin bikin gak betah bagi sebagian orang kalau tinggal di foyer saya, yaitu gak ada internet di kamar! Jadi kalau biasanya residence universitaire itu ada internet gratis di kamar, tinggal colokin kabel internet doang ke laptop, saya di foyer mesti ke ruang wi-fi bersama yang ada di bawah. Capek juga sih naik turun. Tapi hikmahnya, saya jadi gak autis internetan mulu. Haha. 

Oleh karena sebagian besar fasilitas itu emang buat bareng-bareng, jadi ada hal-hal yang kadang bikin gak enak dong yah. Ya iya, karena kita gak bisa bebas pakai semau kita, ada orang lain. Hehe. Contohnya pulang kuliah laper banget pengin masak, mesti turun ke dapur. Sampai dapur, kompor dipakai semua. Apalagi kalau ada yang lagi bikin pesta, beuh masak gak selesai-selesai boooo....Haha. Kalau mau masak dengan leluasa (gak nungguin dan gak ditungguin), mesti milih, masak di awal, atau di akhir. Jadinya kadang saya seringnya masak yang banyak sekalian biar besok-besok tinggal ngangetin doang. Kemudian kamar mandi. Gak usah lah ya dijelasin disini...:p. Apalagi, oh iya ruang wi-fi, mesti cepet-cepet ambil meja yang ada colokannya..hehe...Gokilnya kalau di ruang wi-fi ini, kalau para penghuni lg pada skype. Berhubung penghuni foyer saya dari berbagai bangsa dan negara, jadilah ruang wi-fi itu kadang riuh sama Bahasa Cina, Prancis, Spanyol, Arab, dan......Bahasa Ngapak !!!(kalau saya lagi skype sama orang rumah) :p. Kadang pusing juga yee dengerinnya, sana teriak apa, sini teriak apa. 

Nah dibalik segala kekurangan dan kadang ketidaknyamanan, hidup di foyer sebenarnya bisa jadi sarana buat sosialisasi dan mengenal orang-orang lain bangsa lain. Hal inilah yang sebenarnya bikin saya betah dan males pindah (temen-temen Indo disini getol banget sih nyuruh saya pindah). Haha. Selain karena foyer saya khusus cewek dan terletak di pusat kota tentunya.  Seperti yang saya bilang diatas, disini banyak kegiatan yang sengaja diadain biar kenal sama penghuni lain. Kadang kita bikin pesta kecil atau yang lainnya. Namun tanpa ikut kegiatan yang diadain itupun kita bisa kenalan sama orang kok.  Kalau lagi di dapur misalnya, kadang kita masak sambil ngobrol. Saling tanya masakan masing-masing. Kemudian ngobrolin yang lain. Saling minjem garam, merica, minyak, sendok, piring, ....:p. Kemudian makan bareng, saling nyicipin, ngobrol lagi sampai malem. Kalau topiknya lagi asik seru banget tuh, Kadang sampe hampir lupa mesti ngerjain tugas dan nyiapin yang lain. haha. Banyak ngobrol di foyer jadi sarana ngelatih Bahasa Prancis biar aksen lancar kaya orang sini. Jadi tahu juga kebiasaan dan kultur masing-masing orang dari negara yang berbeda-beda. Seruuuuu. Kadang kalo lama gak muncul di dapur dan ruang makan, sering ditanyain "Kamu kemana aja? Dari kemarin-kemarin jarang keliatan". Hihi.Jadi ngerti sekarang saya kenapa ini foyer kasih peraturan kalau mau makan mesti ke dapur, dilarang makan di dalam kamar. Maksudnya biar sosialisasi demi menciptakan suasana yang harmonis antar penghuni. Kadang sering saya langgar juga sih peraturan mesti makan di ruang makan itu kalau kepepet dan emang lagi males banget turun ke bawah :p. Lama-lama, setelah 4 bulan tinggal disini, udah berasa "rumah" aja ini foyer. Hehe.


Empat bulan tinggal disini, udah berasa kaya rumah aja. Haha. Emang konsepnya foyer kan "rumah", bukan sekedar apartemen datau residence biasa. Bentuknya sengaja dibikin rumah dengan ruang TV, ruang makan, ruang belajar, ruang tamu, dll.  Tiap hari juga kita gak stuck melulu di kamar, tapi mesti jalan-jalan ke ruangan-ruangan itu. Kaya di rumah aja lah :)

Yaaah begitulah kira-kira potret hidup di foyer yang sementara bisa saya bagi. Serunya hidup berjamaah deh yaaa. hehe. Kalau ada yang menarik lagi nanti saya ceritakan lagi di lain kesempatan. Ciao!! 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar