Selasa, 04 Desember 2012

Pertama kali ke dokter gigi Prancis!!!!!

Saya adalah seorang dewasa yang memakai behel alias kawat gigi. Udah satu tahun saya pakai ini, dna kata dokter gigi saya di Indonesia, setidaknya butuh 2 tahun buat hasil yang maksimal. Oke 2 tahun, gak masalah. 

Masalah mengenai tetek bengek behel ini muncul ketika saya mendapat tawaran program beasiswa ke Prancis untuk setahun. Awalnya mikir, ah gak masalah, nanti minta copot aja ma dokternya. Atau gak, ah tapi kan di Prancis katanya biaya kesehatan gratis. Oke, lanjut.

Ketika beberapa hari menjelang keberangkatan si dokter saya bilang katanya behelnya gak boleh dicopot dulu. Dia juga bilang katanya sebisa mungkin cari dokter gigi disana buat kontrol minimal beberapa kali setahun, meski gak tiap bulan. Oke, masih optimis dengan bayang2 ada asuransi yang nanggung dan pikiran bahwa sistem pergi ke dokter sama kaya di Indonesia (tinggal masuk aja). Oke, optimis yee (meski agak ragu juga "dokter, jiah gimana caranya saya cari dokter gigi disana dok??"

Sampai di Prancis, ternyata behel saya mengundang perhatian orang2 untuk menanyakan umur saya. Oh ternyata yang pada pake behel anak2 kecil toh. Sial. Huhu. Sebulanan di Prancis, si behel tiba-tiba bermasalah. Ada karet yang lepas, oh My God!! Mesti buru-buru dong saya nyari dokter gigi, Duh mana si asuransi belum diurusin jugaa...

Pas ngurus asuransi, ternyata doi gak nge cover biaya kawat gigi kecuali saya adalah anak dibawah 16 tahun. Huhu...kalo masalah gigi lain iya. Gimana nih??? Oke mulailah saya cari-cari tarif dokter gigi sekalian cari dokter giginya juga di internet. Ternyata tarifnya mahal-mahal gila. Sampai seribuan euro masaaa!!! Eh tapi kan itu sama biaya pasang kawat juga, dalam artian itu baru pertama pasang. Nah saya kan udah pasang, cuma bermasalah aja. Caro-cari lagi, katanya kalau di luar negeri terkadang ada dokter gigi yang gak nerima pasien yang udah pasang di dokter lain, apalagi di luar negara itu. Jiaaah. gimana ni?? Tapi mesti tetep dicoba dulu. 

Yaudah, cari-cari daftar dokter gigi di Angers, Prancis. Ketemu daftar dan no telp nya buat minta rendez-vous (baru tau juga kan saya kalo ternyata mesti janjian dulu, huhu). Mulailah saya nelponin mereka satu-satu. Macem-macem jawabannya, ada yang gak bisa nerima pasien lagi, gak nerima pasien orthodontie (bukan dokter gigi spesialis kawat gigi), ada lagi yang nerima pasien orthodontie tapi khsusus anak-anak. Huhu, makin setres. 

Akhirnya ketemu satu dokter gigi, yang mau nerima saya dan mau kasih rendez-vous (pas nelpon, saya udah memelas banget itu). Rendez-vous, 14 Desember jam 14.45. Sumpah, itu adalah sekitar 2 bulan dari awal behel saya bermasalah. Maklum, belum ngerti proses saya. Buta banget. Tugas banyak juga...hehe..gak sempet2.

Dan tadi sebelum ke dokter gigi, saya udah nyiapin kata-kata yang akan saya bilang nanti. Susah ye nerjemahin kata-kata medis dari Indonesia ke Prancis. Huhu. Sebenernya yag bikin ganjel adalah biayanya. Waktu di telpon, mba2 nya bilang biaya konsultasi 23 euro, tapi biaya lain-lain baru dikasih tahu nanti pas rendez-vous soalnya disesuaikan sama kasusnya. Huhu...itu bakalan berapa ya mba???? Perjalanan ke klinik si dokter udah ngitung-ngitung duit saya, "kira-kira beasiswa saya tinggal berapa", "terus ada keperluan lagi gak yag yang kira-kira penting", sampai saya juga mikir "udah, kalo mahal, yaudah bayar dulu, ntar kalo kurang duit buat hidup, minjem temen dulu" (semoga jangan).

Sampai di klinik, mba-mba nya ramag banget. Terus doi nanya ada masalah apa. Saya bilang ada yang copot di behel saya. Kemudian saya disuruh masuk ke ruang dokter. Dokternya juga baik ternyata. Terus si dokter langsung benerin behel saya yang bermasalah. Dalam hati saya bilang "Jiah dok, kok maen langsung benerin gini sih, katanya bakal diskusiin harga dulu sebelum ada tindakan. Yah gimana nih, mahal gak noh dok?". Udah selesai, disuruh ke meja resepniosis. Dan...disuruh bayar 23 euro doang (biaya konsultasi). Asiiik, dan ternyata karena itu biaya konsultasi jadi bakal dirembourse sama asuransi. Tambah asiiik..Mungkin karena tindakan medis tadi juga ringan-ringan aja kali yaa...hihi...

Satu hal, kalau saya kontrol ke dokter gigi di Indo kan tiap bulan langsung diganti karet, dikencengin ,dll. Kalau disini tadi, tindakan yang dilakukan cuma yang berdasarkan keluhan ajaa..Yaudah lah ya gak papa..yang penting ini yang mengganjal di mulut udah beres. Oh iya, mungkin juga karena saya bukan pasien orthodontie si dokter (gak pasang kawat di klinik itu). Jadi yaa dia gak asal main, hanya bergantung pada keluhan aja. Setidaknya sekarang tahu, ada nanti ada masalah lagi (semoga jangan), tinggal ke dokter ini ajaaa...:):)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar