Kamis, 20 September 2012

Welcome, ANGERS!!!

note : ketika nulis ini, saya lagi di perpus universitas pakai komputer publiknya sana. Agak rempong karena susunan keyboardnya beda jadi sering kepleset dan dikanan kiri saya ada bule....haha....ya iyalah lo pikir lagi di perpus UI  pakai iMac....haha

Oke, kata Mba Sally besok kita mesti pagi-pagi ke Gare du Montparnasse karena TGV yang lewat Angers sekitar jam 8an. Bangun pagi-pagi banget langsung berkata dalam hati ¨Akhirnya gue merasakan tidur di Paris¨ (Paris terkenal sebagai kota yang susah buat nyari tempat tinggal dan hotel juga mahal sehingga bagi saya tidur di Paris dengan gratis merupakan suatu kemewahan tersendiri, hehe). Tanpa mandi langsung kembali dorong dan angkat koper menuju metro yang mau ke Gare du Montparnasse. Sumpah entah kenapa sebel banget sama metro. haha. Sampai Gare du Montparnasse langsung beli tiket TGV buat ke Angers. Mahal. 50euro an. Pesannya mendadak sih. Kata si mba-mba loket keretanya akan berangkat 15 menit lagi. Busyet. Bentar lagi. Untungnya ada Mba Sally sama Kak Ira yang bantu baca tiketnya dan ngarahin kita ke TGV yang tepat. Coba engga. Bisa nyasar kali mpe Lyon mungkin.

TGV enak deh. Cepet banget. Tapi duduknya hadap-hadapan. Orang-orang satu gerbong pada diem semua, muka kaku, tatapan sayu. Kaya tak bersemangat gitu. Cuma saya dan Mayang (teman saya) yang kadang ketawa dan ngobrol. Diliatin deh sama orang-orang satu gerbong. Perjalanan dari Paris ke Angers sekitar 1,5 jam. Memang yah kereta di Eropa itu selalu tepat waktu bahkan sampai ke menit-menitnya. Tuh pas banget sampai Angers jam 11 lebih 3 menit. Samapi stasiun, dimulai lagi kerempongan bawa koper rusak. Dan kali ini bener-bener udah rusak parah. Banget. Gara-gara rodanya udah copot dan saya memaksa menariknya, eh sekrang kopernya jadi bolong gitu. Kainnya pada mengelupas. Diketawain lah sama orang-orang di stasiun. Duh mana sqya mesti sendiri lagi. Teman saya mesti naik kereta lagi untuk ke Saumur, kota dimana dia akan belajar. Jadi dia di stasiun Angers cuma ganti kereta doang. Jiaaaah.....Pas turun lewat tangga buat ke pintu keluar, ada segerombolan bule kulit item ngetawain dan ngeliatin. Huh sebel. setelah tangga turun, gila ada tangga naik lagi buat keluar. Duh mana berat banget lagi dan sendirian pula. pas lagi kesusahan gitu, eh tiba-tiba segerombolan bule kulit item yang tadi ngetawain langsung nyamperin dan langsung ngangkatin koper dan tas saya dan membawanya ke atas, ke pintu keluar. Waaahhhh.... ternyata mereka baik banget.

Sebelumnya, saya sudah janjian sama orang Indonesia yang sedang kuliah di Angers juga untuk minta jemput (apalagi kalau bukan gara2 koper). Namanya Pak Asep. Beliau dosen Sahid yang lagi S3 di sini. Saya nunggu deh di ruang informasi. Duduk. Pas lagi enak-enak duduk, saya noleh ke samping dan baru tahu kalau samping saya itu kakek-kakek yang lagi tidur dan bawa anjing yang super guede dan lagi tidur pula!!!.... Oke si anjing lagi tidur. Tetep aja serem. Gila itu gede banget anjingnya. Dan tuh kan bener si anjing gak sepenuhnya tidur. Tuh dia gerak-gerak dan tiba-tiba mendekat ke saya sambil mengeluarkan suara yang serem. Jiaaaahh....spontan langsung jingkrak saya. Ibu-ibu depan saya langsung nenangin itu anjing (si empunya sih tetep tidur kayanya). Hufffffff.........

Selang 30 menitan kemudian, Pak Asep datang bersama orang Indonesia juga. Katanya mereka nyari-nyari saya dari tadi mpe naik keatas segala. Padahal saya nya tetep di ruang informasi, gak bisa kemana-mana gegara si koper itu. Keluar statsiun, kami naik taksi buat ke kos saya. Sepanjang perjalanan naik taksi itu, gak sempet liat kanan kiri, yang terbayang di otak adalah urusan administrasi yang segambreng dan kuliah yang udah telat. Sebenernya dari stasiun ke kos saya, gak jauh, jalan kaki juga bisa. Voila akhirnya sampai juga di kos an. FJT du Bon Conseil, 7 rue du Quinconce, ANGERS. haha. udah apal banget saya alamat ini gara2 sering nulis di segala macam surat-suratan. Sampai sana langsung bilang ke pengelolalanya atau animatrice. Namanya Sabrina. Baik orangnya. Dia langsung nunjuk-nunjukkin mana kamar saya, kamar mandi, dll. Dia juga ngerti saya baru dateng masih capek, jadi gak disuruh bayar dulu dan ngisi segala macam surat-suratan. Kata dia, kamu baca aja dulu malam ini. Besok baru kasih lagi ke saya.

Oke. Setelah semua barang dimasukkan ke kamar, saatnya ke kampus, ketemu sama Madame Ingremeau. buat daftar ulang dan dapetin kartu mahasiswa. Dianterin sama Pak Asep. Katanya sih deket, jalan kaki bisa ke kampus. Tapi entah kenapa kok berasa jauh yaaa. Haha...Pas sampai kampus, ketemu sama Madame Ingremeau, beliau bilang saya suruh datang lagi besok karena dia kasihan sama saya yang udah kecapean. Hahaha.....Oke mari kita pulang. Ini nih. tadi kan saya berangkat ada yang nganterin, tapi karena emang lagi gak konsen, jadi saya juga gak merhatiin jalan. Ternyata pulangnya, saya mesti sendiri karena Pak Asep ada urusan. Oke, optimis. Jaman deeh dengan backpack yang berat sama kertas-kertas super penting. Saya jalan menelusuri jalanan yang kira-kira tadi saya lewati. Jleb. Kok gak ada Carrefour yaah, tadi itu pas berangkat lewat depan Carrefour city kecil gitu. Kesasar ni jangan-jangan. Tetep jalan. Makin gak jelas. Duh ini kios-kios dan bangunannya kenapa bentuknya sama semua sih. Cat nya sama, warna krem. Jalanannya juga. Sial, jangan-jangan makin nyasar nih saya. Nah untungnya kos an saya itu persis di samping taman yang terkenal yang namanya Jardin du Mail. Jadi patokannya itu aja. yaudah tanya orang deh dimana itu Jardin du Mail. Tuh kan beneran nyasar. Jalan yang mau ke Jardin du Mail itu harusnya di sebelah sana, kenapa saya malah kesini. Jiaah. Saya barus sadar juga kalau ternyata jalanan pulang ini nanjak. Gilaaa capek banget udah mau pingsan rasanya. Naaah itu di keliatan Jardin du Mail. Oke, sekarang ke Rue du Quinconce. Setelah baca papan jalan, harusnya sih Rue du Quinconce disebelah sini, tapi kenapa gak ada bentuk kos an saya disini. Rumah dan bangunannya pun nomer nya gede-gede semua, sedangkan kos an saya nomer 7!. Duh! Akhirnya saya tanya sama kakek-kakek; dan kata dia rue du Quinconce itu diseberang sana. Jiaaaah, pantesan. Hufff akhirnya sampai juga di kamar. Haha..... terima kasih pelajaran KBP semester 1 apa 2 gitu yang temanya bagaimana bertanya pada orang ketika anda tersesat dan tak tahu jalan. Saya mempersiapkan kembali dokumen-dokumen dengan makan malam yang cuma roti tawar gandum tanpa selai. Baru inget seharian ini cuma makan roti.

Tidur. Haaaahhh, di kota ini saya akan hidup hampir setahun ke depan. Masih asing. belum kenal, belum eksplorasi. Oke, Welcome, ANGERS!!!!