Rabu, 19 September 2012

Super rempong, super hectic.....PARIS!!


Oke, cerita berlanjut.  Post yang lalu kan saya cerita kalau  si pesawat Emirates itu sudah mau mendarat di CDG Paris dan begitu besarnya ekspektasi saya tentang Paris: berharap dapat lihat Menara Eiffel dan foto-foto di tempat-tempat terkenal yang sering disebut di buku KBP (hehe) atau ga minimal foto-foto di CDG atau Gare du Montparnasse deh. T.e.t.a.p.i.......realita berkata lain.  Jeng...jeng...jeng.... ada apakah gerangan?

Turun dari pesawat,  saya dan teman saya (begitu pula penumpang-penumpang yang lain) langsung dihadang oleh dua petugas imigrasi. Oke, kita keluarkan lagi si buku ijo (pasport) dan kawan-kawannya (segala macam surat-suratan). Si petugas menanyakan apa alasan kita ke Prancis. Langsung aja saya jawab kalau saya mau kuliah tourisme di Universite d’Angers. Oke, lewat. Saya pikir udahan gitu, eh `ada pemeriksaan lagi. Kali ini petugasnya ada di dalam konter (kalau yang tadi dia Cuma berdiri aja). Jiaaah keluarin lagi si buku ijo. Petugas yang kali ini agak serem gitu, gendut, botak, kumis tebel. Udah serem aja saya. Kemudian pas giliran kami dipanggil dan dia meminta pasport kami, gak disangka-sangka dia bilang: “Ah, Indonesia! Je suis allé en Indonésie le mois de juin! Bali, Java....(Ah Indonesia! Saya bulan Juni kemarin baru aja dari Indonesia, ke Bali dan Jawa!). Kemudian dia bilang kalau Indonesia adalah negara yang sangat indah. Tanpa lama-lama dia langsung stempel pasport kami dan bilang : “Terima kasih!” (pakai Bahasa Indonesia beneran looh dan tersenyum lebar).  Hehehe....sumpah agak ga nyangka juga yaaaa.....Alhamdulillah.

Nah, perkara imigrasi airport selesai dan berjalan dengan sangat mulus. Optimis. Namun ke rempong an  agaknya telah dimulai ketika saya mau ambil koper. Mungkin memang lagi kurang konsentrasi atau memang koper saya yang berat banget, tiba-tiba pas mau mindahin koper itu ke troli, ada sesuatu yang patah. Ternyata itu adalah gagang roda yang dibawah. Akibatnya, koper saya gak bisa berdiri sempurna. Tak apalah, setidaknya masih bisa didorong.  Tetap optimis.  Saya dan teman saya  rencananya mau naik car atau bus menuju Gare du Lyon karena kami akan dijemput  salah seorang teman kami disana (kami tiba di Paris itu malam, jadi butuh tumpangan nginep semalam, hehe. Alhamdulillah ada anak PPI Prancis yang mau menampung kami).  Namun pas mau ke tempat car berada, kami ingat sesuatu. Lettre de presentation yang harus dikasih di airport!! Bolak-balik kami tanya ke petugas airport CDG atau informasi untuk nyari tahu stand Campusfrance itu dimana. Akhirnya ketemu juga. Ternyata di bagian informasi Terminal A lah kami harus menyerahkan kertas itu. Kami pikir udah lah ya Cuma diserahin aja. Eh ternyata si mba-mba informasinya bilang kami harus ke Porte Maillot, ke kabin telepon yang ada disana, buat nelepon Campusfrance. Jiaaaah dimana pula itu Porte Maillot. Kemudian si mba itu ngasih tiket buat naik  car  ke Porte Maillot. Oke, akhirnya naiklah kami ke car dengan tujuan ke Porte Maillot, gak jadi ke Gare du Lyon. Proses ngasih surat itu sampai akhirnya kami naik car cukup memakan waktu karena kami bolak-balik nanya ke mba nya dan meminta dia untuk mengulang lagi apa yang dia katakan (Haha.....tiba-tiba agak gak siap gitu denger dan ngomong Bahasa Prancis).

Di dalam bus cuma ada beberapa orang. Sumpah yah di situ saya sudah mau muntah karena cuaca dingin banget dan kondisi badan emang lagi berasa kaya masuk angin gitu.  Stres juga di dalam mikiirin gimana mau ketemu teman saya anak PPI itu. Jangan-jangan dia udah nunggu lama di Gare du Lyon. Mana belum beli kartu telepon Prancis lagi. Gimana yah cara hubungi dia ngasih tahu kalau kami akan ke Porte Maillot dulu.  Dan.....apa pula itu Porte Maillot??????? Kok gak sampai-sampai sih.  Kata teman saya, “Yaudah lah nikmati perjalanan. Eh tapi kok gue berasa kaya di Sumatra ya? Ini kenapa jalannya lewat semacam sawah-sawah gini? Mana malem-malem lagi”...Haha. Bener juga sih. Ini di Paris loooohh.....mana menara Eiffel, mana????

Prochain arret: Porte Maillot. Oke saatnya kami turun. Saya pikir akan turun di semacam halte gede ada ruangan-ruangan yang isinya kabin telepon, ada tolilet, tempat duudk, tempat makan, tapi TIDAK!. Kami diturunkan di zebra cross di daerah yang namanya Porte Maillot. Jiaah....begitu turun...buussyeeet dingiiiin amaaaat!!!!!!Brrrrrrr......Kami ambil koper di bagasi bus kemudian bus itu meninggalkan kami di pinggir jalan bersama koper-koper yang gede dan kedinginan. Huhu.  Kami langsung nyari kabin telepon, dan ternyata dia terletak di seberang jalan. Begitu sampai, langsung kami pencet nomer telepon si CampusFrance. Nyambung. Lalu kami bilang ke mba-mba di seberang telepon saya nama dan nomor berkas beasiswa kami. Gokil loh adegan telepon-telepon an ini. Haha. Karena  sering tiba-tiba nge blank Bahasa Prancis, maka kami bergantian ngomongnya. Saya :”Eh aduh ini dia ngomong apa sih, gak ngerti, coba deh lu yang ngomong”. Teman saya: “Oke. Eh aduh apaan sih ini, coba gantian elu deh”. Mungkin mba-mba disana bingung mendengarkan suara kami yang tiba-tiba berubah. Sebenarnya karena dingin juga sih jadi kita agak kagok ngomong dan si KOPER. Jiaaah si koper saya itu makin ga jelas aja berdirinya. Jadilah saya tangan satu pegang gagang telepon, tangan satunya pegangin koper biar gak jatuh.  Udah rempong-rempong telepon, eh si mba nya bilang : “Oke, saya catat. Tapi kalian besok telepon lagi yaah.” Jiaaaahhh kalau gitu telepon besok ajaa. Ngapain kita ke Porte Maillot??? Mending langsung aja ke Gare du Lyon. Kenapa juga kami mesti nurut sama mba-mba airport buat ke Porte Maillot tanpa adanya protes buat telepon besok aja dan gak usah ke Porte Maillot. Hmm....sampai saat ini, itu adalah misteri yang belum terpecahkan.
Oke, berarti sekarang kami harus cari cara bagaimana menghubungi teman kami (Mba Sally) yang lagi nunggu di Gare du Lyon itu bahwa kami di Porte Maillot dan gak tahu caranya pergi ke Gare du Lyon. Oh iya, saya masih ada pulsa Telkomsel 40rb an lah. Saya coba telpon, eh nyambung. Mba Sally bilang kami harus naik metro buat ke Gare du Lyon. Oke, naik metro. What??????? Ini adalah hal yang sebenarnya saya hindari banget begitu tiba di Paris dengan bawaan segrambreng. Naik metro kan berarti naik turun tangga yang ga sedikit juga. Denger-denger dari teman yang pernah ke Paris sih gitu. Oke, optimis. Mungkin ribuan tangga itu cuma mitos, mungkin sebenarnya  tangganya cuma dikit, atau jika memang naik metro itu naik turun banyak tangga, mungkin metro yang dari Porte Maillot ini ada eskalatornya, syukur-syukur ada troli buat bawa barang-barang.  Itu yang ada di pikiran saya waktu itu. Itu adalah sebuah harapan.  Oke, jalan. Oh iya, nanya orang dulu dimana ada stasiun metro. Kata si mas-mas bule yang saya tanya, tinggal sekitar 100 meter lagi lah lurus ke depan.  Melajulah kami ke stasiun metro, jalan kaki dengan koper-koper, khusus untuk saya, koper yang hampir rusak. Sumpah adegan jalan kaki ke stasiun metro ini kaya di film-film deh, adegannya sedih sekaligus miris tapi.  Kami berjalan dengan muka capek dan memelas, badan kecil dan kedinginan, koper segrambreng dan agak susah didorong dan diangkat, melewati kafe-kafe dan restoran yang lagi banyak orang. Jelas banget orang-orang di dalem sana, yang lagi menikmati santap makan malamnya, lihat kami, dua makhluk memprihatinkan ini. Huhu...

 Harapan saya tentang eskalator dan troli pupus sudah. Ini realita. Begitu kami sampai di tempat yang ada tulisan “Metro”, hal yang kami dapat pertama adalah : tangga turun. Saya coba angkat koper turun, gak kuat. Kemudian saya paksa tarik, dan tiba-tiba roda nya ada yang bermasalah satu. Belum patah tapi. Susah. Kemudian ada bule bapak-bapak baru pulang kantor, baik banget mau ngangkatin koper sampai bawah. Tuh kan bener, setelah tangga turun itu ternyata masih ada tangga-tangga lain dan naik-turun pula. Gilaaaa.  Mana kami sempet nyasar jalur pula gara-gara setelah beli tiket metro, kami sok tahu aja karena kami pikir jalur metro yang ke Gare du Lyon sama aja. Alhasil makin banyak lah tangga yang harus dinaiki dan dituruni. Sumpah ini rempong banget. Bawa-bawa koper yang hampir rusak naik turun tangga disaat orang-orang Paris pada pulang kerja. Sibuk dan rame banget di stasiun. Untungnya, ada orang-orang baik yang mau membantu kami. Setiap kali kami kesulitan bawa koper, ada aja orang yang nawarin bantuan buat ngangkatin. Entah cewe, cowo, kulit putih, kulit hitam..beruntung banget.  Nah waktu ada cewe kulit hitam yang nawarin bantuin ngangkat koper, dia bilang ke saya: “Ini nih yang saya gak suka dari sistem transportasi sini. Gak memudahkan orang”.

Di dalam metro untungnya bisa dapat duduk. Tapi agak gak enak juga, udah tampang lusuh, bawaan heboh, muka orang asing lagi. Haha....diliatin orang se gerbong deh kami. Untungnya di dalam metro ada peta tentang jalur metro jadi kami tahu Gare du Lyon itu setelah apa. Hehe. Alhamdulillah sampai juga kami di Gare du Lyon. Begitu sampai dan duduk sejenak, eh disamperin sama Mba Sally dan temannya, Kak Ira. Huwaaa...maaf membuat kalian nunggu lama. Kata Mba Sally, dari Gare du Lyon ke kos dia mesti naik metro lagi ke Olympiad. Oke, metro again :(L. Kali ini lebih enak karena Mba Sally dan Kak Ira bantuin bawa barangnya. Setelah berjibaku sampai juga di kos Mba Sally di daerah Olympiad. Enak banget tempatnya  mana kami dikasih makan pula..Hehe....Oke, tidur. Goodnight Paris!
Nasib koper: Roda patah dua-duanya.
Foto-foto?:  Gak ada.  Nol persen.
Eiffel? : Dimana tuh Eiffel, gak liat tuh.  

·         Akan saya ingat seumur hidup saya : PORTE-MAILLOT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar