Minggu, 14 Oktober 2012

Ce que je pense sur Angers! (Transports)


Waduh lama banget yaa gak update cerita-cerita. Hehe..maap-maap, saya sibuk banget banget. Bukan jalan-jalan kok (yaa jalan2 juga sih..hehe). Tapi beneran deh, semenjak kuliah dimulai busyet kaya berasa gak ada waktu luang. Kuliah mulai jam 8 pagi sampai jam setengah 7 malam, hampir tiap hari bahkan sabtu juga! Sudahlah, nanti saya ceritakan bagaimana kuliah saya itu. Well, kali ini saya mau cerita mengenai kota tempat saya tinggal sekarang, Angers. Kali ini saya mau cerita tentang  transportasi disini. 
Banyak yang mengira, saya ke Prancis itu ke Paris. Hehe..padahal bukan. Saya ke Angers, sebuah kota yang gak gede dan gak kecil juga di wilayah  atau region Pays de la Loire, Prancis. Kalau  dari Paris mau ke Angers, kita bisa naik TGV seharga 50 euro (ada potongan juga sih buat mahasiswa jadi 30 euro an bahkan 25 euroan). Perjalanan Paris-Angers ditempuh selama 1,5 jam (pas banget loh, disini kereta gada yang telat, hehe).  Nah nanti kita akan turun di stasiun Angers yang namanya Angers St. Laud. 
Sebulan disini, saya merasa nyaman banget dan betah. Seperti yang saya bilang, disini bukan kota besar kaya Paris, Lyon, atau Marseille, bukan pula kota kecil. Jadi suasananya juga pas banget, gak rame, gak sepi. Semua fasilitas untuk menunjang hidup ada dan gak berlebihan.  Semuanya teratur dan rapi. 
Agaknya walikota dan pemerintah disini emang benerr-bener bekerja dengan baik dalam memuaskan warganya, membuat mereka nyaman tinggal disini. Dimulai dari sarana transportasi. Angers punya visi sebagai kota hijau dengan mengajak waganya untuk menggunakan sarana transportasi umum.  Visi ini berkali-kali saya lihat di buletin kota kaya majalah, tabloid, atau poster-poster di tempat umum. Publikasi dan slogan-slogan yang dilontarkan pun sangat menarik dan gak monoton.  Nah ajakan itu bukan sekedar ajakan. Pemerintah sini beneran serius membenahi sarana transportasi publik. Tramway, bus kota, dan juga ribuan sepeda yang bisa disewa  gratis secara berkala oleh warga bahkan orang asing yang tinggal disini! Saya suka banget liat tramway sama bus, warnanya menarik dan khas, sepedanya juga. Ada logo kota Angers gitu. Nah untuk mengetahui rute tram dan bus, ada peta rute  dan jadwal (buku jadwal lebih tepatnya) yang bisa didapat secara gratis di kantor bus/tram.  Jadwalnya beneran pas loh, kalaupun telat paling 5 menit. Kata teman saya, disini tram atau busnya ada GPS  dan dipantau  terus sama pusatnya waktu tiba di setiap pemberhentiian.  Jadi kelihatan mana bus yang suka telat mana yang enggak. Hehe. Untuk sepeda juga, ada petunjuk-petunjuk mengenai tempat parkir sepeda dan dibuat jalur khusus sepeda di jalanan kota.  Menggunakan bus dan tram disini ada kartu khusus (kartu abonemen gitu). Biayanya 20 euro per bulan (buat  kaum "membutuhkan" alias para penerima beasiswa, mahasiswa, dan orang-orang yang sering dapet bantuan deh) dan kita bisa sepuasnya naik bus atau tram ke semua rute selama sebulan!. 
Bagi para turis dan pendatang baru (kaya saya, hehe), gak susah untuk menjelajah kota. Disini semua informasi mengenai Angers kaya peta kota, peta bus atau tram, buletin-buletin tentang kota Angers, dan informasi-informasi mengenai apa yang ada di Angers disebarluaskan secara gratis dan bisa didapat di tempat-tempat tertentu.  Bener-bener menunjang banget deh. Disini kalau kesasar tinggal liat peta aja udah bisa balik lagi karena nama-nama jalan pun disini bener-bener ditulis dengan jelas di papan-papan.  Seminggu pertama disini saya pegang peta terus, coba menghafal nama jalan dan gang-gang nya. 
Berbicara soal transportasi lagi nih, jadi inget kalau nyebrang jalan Margonda di Depok berasa taruhan nyawa. Hehehe....Nah disini kalau mau nyebrang enaaaaak banget. Di setiap zebra cross selalu ada tanda yang meunjukkan apakah kita boleh nyebrang atau tidak. Jadi gak usah takut ketabrak  atau keserempet gitu. Tapi tanda  itu cuma ada di jalan-jalan besar, sedangkan kalu di jalan-jalan  yang agak kecil gak ada. Etits, tapi gak iusah takut. Para pengendara mobil (sumpah belum nemu pengendara motor disini)  kayanya udah tahu ciri-ciri orang mau nyebrang. Jadi begiitu liat  kita udah  yang udah siap-siap nyebrang gitu, mereka langsung berhenti, mempersilahkan kita nyebrang. Nah awalnya saya gak tahu tuh. Saya pikir pejalan kaki yang  mesti ngalah duluan. Saya nyantai-nyantai aja diem (maksudnya mau mempersilahkan  mobil-mobil itu jalan duluan). Dalam hati " Kok ini mobil malah pada berhenti sih? Niat jalan gak sih mas, mba?". Saya diem., mobil diem. Hening. Tiba-tiba tahu kalau saya disuruh nyebrang dulu.....Jiaaaah...maap-maap gak tahu mas, mba. Hihihihi. Pernah juga kejadian waktu mau berangkat ke kampus, pululhan mobil dari 2 arah pada berhenti demi mempersilahkan saya seorang nyebrang (bener, gak ada orang lain lagi). Jiaaaah berasa  agak gimana gitu pas melangkah di zebra cross . Hehehehe....
Soal jalan kaki lagi nih, sumpah yah, awalnya saya masih kagok mengenai definisi jauh dekatnya orang sini. Haha. Jadi  waktu itu mau ke stasiun,  dan udah niat mau jalan kaki soalnya liat di peta tinggal lurus doang dari kos saya. Tapi biar  lebih mantep, tanya orang dijalan. Kata dia, "Oh stasiun, deket kok deket, 10 menit jalan kaki laaah". Oke. Eh tapi kok ini gak nyampe-nyampe yah? Busyet lurus sih lurus, tapi kok lama?. Berpikir sejenak, oh iya,  mindset belum diubah,. Ini 10 menit nya orang sini yah, mereka jalan cepet booo......
Waktu awal-awal itu sempet keteteran ngikutin ritme  geraknya orang sini  Padahal  saya di Indonesia udah termasuk  pejalan kaki cepet. Jadilah kemana-mana selalu ngos-ngosan karena jalanan disini agak gak rata (naik turun). Mau  jalan santai, (toh gak ada yang lagi dikejar )  tapi yang lain pada jalan cepet,  jiaaaah secara gak sadar ikut-ikutan jalan cepet.  Seiring berjalan waktu bisa juga tuh. Hehe. Apalagi kalau berangkat kuliah yang jalanannya turun, wuih berasa lari. Ke staisun akhirnya  bisa juga tuh tembus 10 menit jalan, bahkan kadang kurang. Hehe
Angers itu  terbagi dalam beberapa wilayah. Nah daerah tempat saya tinggal itu Centre Viille (pusat kota). Jadi enak kemana-mana. Hihihi...jada jalur tram dan bus yang lewat  pun banyak ke beberapa jurusan. Mau ke stassiun kereta inggal jalan melewati dereatan toko-toko , kafe, dan restoran (10 menit versi orang sini). Mau belanja gampang, tuh toko-toko berjejer rapi. Enak deh, aksesnya gampang di Centre Ville.  
Sekian dulu cerita edisi kali ini, nanti untuk selanjutnya saya mau cerita tentang  biaya hidup dan makan  disini, orang-orangnya, kuliah saya, dll.....Nantikan!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar